Sistem Antrian Barcode, BSQ


BSQ Sistem Antrian Barcode1 Sistem Antrian Barcode, BSQSetiap instansi mempunyai karakteristis tersendiri dalam melayani pelanggan. Saat mesin antrian standar dirasa kurang optimal maka digunakan BSQ, Sistem Antrian Barcode sebagai bagian dari sistem antrian. Penggunaan barcode reader atau barcode scanner dalam sistem antrian terutama sebagai pengganti tombol panggil.

Di kertas nomor antrian selain tercetak nomor antrian juga tercetak baris barcode. Untuk memanggil nomor antrian petugas tidak lagi memencet tombol panggil tetapi mendeteksi baris barcode melalui barcode scanner. Biasanya kertas nomor antrian yang tercetak rangkap 2. Lembar pertama dipegang pelanggan, lembar kedua ditempelkan bersama berkas dan dibawa oleh petugas.

Instansi yang menggunakan BSQ cenderung memiliki berkas yang menyertai kedatangan pelanggan. Instansi seperti ini contohnya adalah rumah sakit, servis atau showroom mobil, pelayanan SIM, STNK atau KTP, dan lain-lain.

Dalam penggunaanya di rumah sakit atau puskesmas, sistem antrian barcode ( BSQ ) biasanya digunakan pada loket pendaftaran atau apotek. Pada pendaftaran tiket tercetak 2x, tiket yang satu untuk petugas di pendaftaran yang 1 biasanya digunakan untuk pelayanan berikutnya misalnya poli.

Sedangkan untuk apotek, sistem antrian barcode bermanfaat saat pasien menunggu pengambilan obat. Karena peracikan obat selesainya tidak urut, ada yang bisa cepat selesai ada yang membutuhkan waktu lama. Dengan adanya barcode dapat membantu petugas saat memanggil pasien yang racikannya sudah selesai. Tiket tercetak 2x bertujuan untuk mempermudah proses, tiket 1 disatukan dengan resep, sedangkan tiket yang 1 dibawa pasien untuk mengammbil obat. Jadi resep yang sudah selesai dahuluan, barcode yang tercetak pada tiket tersebut di scan. Kemudian sistem dengan otomatis melakukan panggilan terhadap pemilik resep tersebut.

Perangkat Sistem Antrian Barcode (BSQ) secara keseluruhan:

  • Software QBar, software antrian untuk identifikasi barcode
  • Software Q-Vision, software antrian untuk database dan tampilan pada LCD TV
  • perangkat interface.
  • Komputer.
  • LCD TV. Digunakan sebagai display nomor antrian dan informasi lainnya.
  • Display utama. Penggunaannya dapat ditiadakan jika sudah menggunakan LCD TV.
  • Display loket.  Display nomor antrian yang diletakkan pada tiap loket.
  • Tombol panggil. Alat yang ditekan untuk memanggil nomor antrian
  • Speaker.