Memilih Mesin Antrian Tepat Guna


 

Menunggu adalah pekerjaan yang paling membosankan. Itulah sebabnya antrian pelanggan yang sedang menunggu perlu menjadi prioritas suatu institusi. Solusi yang umum digunakan saat ini adalah menggunakan perangkat mesin antrian.
Agar penanganan masalah antrian dengan menggunakan mesin antrian menjadi tepat guna, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Berdasarkan pengalaman kami berhadapan dengan berbagai pelanggan, intisarinya seperti ini:
  • Kumpulkan dan pelajari segala bentuk informasi mengenai jenis-jenis mesin antrian yang ada di pasaran
  • Berdasarkan SOP yang diterapkan tentunya ada perbedaan alur antrian pelanggan antara instansi bank, rumah sakit, kantor pajak dan instansi lainnya.
  • Kenali alur antrian yang biasanya terkait dengan alur dokumen dan jumlah petugas yang melayani. Kalau perlu gambarkan dalam suatu blok diagram.
  • Berdasarkan blok diagram tersebut dapat dipilih mesin antrian yang sesuai. Semakin banyak tipe yang dikumpulkan semakin besar peluang untuk menyesuaikan kebutuhan dengan pengadaan.
  • Tentunya sesuaikan juga dengan anggaran yang disediakan. Jika anggaran tidak mencukupi usahakan mencari tipe mesin antrian yang lebih sederhana tetapi tidak mengurangi fungsi manajemen antrian yang diinginkan. Kemudahan dan biaya yang diperlukan untuk upgrade dikemudian hari dapat juga menjadi pertimbangan jika biaya saat ini tidak tersedia.
  • Jika tipe yang ada di pasaran terlalu jauh perbedaannya dengan kebutuhan, dapat dilakukan perubahan alur dokumen agar mendekati kebutuhan yang ada. Bisa juga mempertanyakan pada penyedia mesin antrian untuk kemungkinan kustomisasi produk untuk menyesuaikan kebutuhan instansi anda.
  • Sedapat mungkin dapatkan informasi yang berharga dari produsen langsung atau agen resmi yang menguasai produk. Agar informasi yang didapat dapat maksimal.